detail berita

  1. Home
  2. berita
  3. detail berita
Back to Blog

Evaluasi Pembelajaran, SMK Amaliah 1 dan 2 Laksanakan Sumatif Tengah Semester dan Ujian Sekolah berbasis CBT

29 hari yang lalu

Image Description
https://smkamaliah.sch.id/storage/Dokumentasi STS dan US Peserta Didik

BOGOR - Laksanakan evaluasi pembelajaran berbasis CBT, SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi sukses melaksanakan penilaian rutin Sumatif Tengah Semester (STS) Genap untuk kelas X dan XI, serta Ujian Sekolah (US) untuk kelas XII menggunakan aplikasi ujian yang dikembangkan sekolah yaitu AM Exam. Pelaksanaan STS Genap dan US Tahun Ajaran 2023-2024 berlangsung selama 7 hari yang dilaksanakan mulai Selasa, 27 Februari 2024 hingga Rabu, 6 Maret 2024. 


Dalam wawancara ekskusif dengan Wakasek Kurikulum SMK Amaliah 1 Ciawi, Raden Hendriawan Tansyah menyampaikan bahwa pelaksanakan evaluasi berbasis CBT ini disesuaikan dengan strategi sekolah untuk update terhadap teknologi digital sehingga sekolah menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis IT. 


Aplikasi AM Exam dikembangkan oleh SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi dengan tujuan update teknologi, efisiensi, dan meningkatkan keamanan ujian. 

“Aplikasi AM Exam digunakan untuk membantu penyelenggaraan ujian yang lebih terorganisir dan mudah digunakan oleh peserta didik dalam menjalani ujian di sekolah.   Aplikasi ini pun penggunaan nya harus menggunakan username dan password yang sudah diberikan kepada masing-masing peserta didik. Jadi hanya yang memiliki akun yang dapat mengakases aplikasi ini. Untuk penentuan akun nya pun di atur oleh administrator, serta sudah dibagi sesuai dengan tingkatan peserta didik. Jadi kebocoran soal pun dapat diatasi karena sudah disesuaikan dengan jadwal ujian sesuai harinya. Dan jika sudah lewat, maka akses ujian akan ditutup lalu digantikan dengan soal berikutnya.” ujar Raden


Kemudian, Wakasek Kurikulum SMK Amaliah 2, Siti Wadiah menuturkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis CBT  memberikan dampak positif.

“Penggunaan AM Exam memberikan berbagai keuntungan, antara lain proses evaluasi yang lebih efisien, ujian yang interaktif dan dinamis, pemantauan real-time, keamanan data dan privasi, serta mengurangi penggunaan kertas” kata Wadi. 


Ujian Sekolah dan Sumatif Tengah Semester (STS) ini sebagai salah satu bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui daya serap peserta didik terhadap materi yang diajarkan oleh para guru di sekolah. 



“Harapannya setelah dilakukan  evaluasi adalah peserta didik mampu mengukur pemahaman terhadap materi pembelajaran, memotivasi siswa untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik. Guru mampu mengukur efektivitas metode pengajaran yang digunakan” tutur Wadi.

 

Penulis: Selvia Safitri